Sabtu, 27 Juli 2013

Paradise on earth

Kaligrafi untuk pameran "Paradise on Earth"
(Sebagai ingatan)

Pertengahan Juni lalu saya diminta oleh sahabat dekat, kurator seni Asia di Art Gallery of South Australia di Adelaide, untuk membuat kaligrafi yang akan ditempel di pameran yang dia kurasi. Pameran kecil itu berlangsung dari 29 Juni hingga September 2013, berjudul "Paradise on Earth: Flowers in the Arts of Islam" (http://www.artgallery.sa.gov.au/agsa/home/Exhibitions/NowShowing/Paradise_on_earth).
Teks saya tulis dalam gaya Nasta'liq (Farisi), merupakan petikan dari ayat Qur'an, balasan bagi orang-orang yang bertakwa: "Surga 'Adn yang mereka masuki, mengalir di bawahnya sungai-sungai; di dalamnya mereka memperoleh segala yang diinginkan." (Surah an-Nahl/16:31). Suatu ayat yang menenteramkan...
Pada tahun 2005 sebelumnya, saya juga pernah menulis kaligrafi untuk logo pameran dan tiga potong teks hadis dan ayat untuk pameran "Crescent Moon: Islamic Art and Civilisation in Southeast Asia" (http://www.artgallery.sa.gov.au/agsa/home/Exhibitions/Past_Exhibitions/2005/crescentmoon.htmlhttp://nga.gov.au/crescentmoon/). Pameran yang dia kurasi ini cukup besar, karena sempat digelar di dua kota, Adelaide dan Canberra. 
Suatu kaligrafi yang sederhana saja.



Logo pada pintu masuk pameran "Bulan Sabit: Seni dan Peradaban Islam Asia Tenggara" 
(Crescent Moon: Islamic Art and Civilisation in Southeast Asia), Adelaide, 2005.
(Semua foto atas kebaikan Saul dan James).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar