Minggu, 02 Desember 2012

10.000 klik

Ketika Blog 10.000 klik
Sekadar Catatan

Blog ini adalah 'reinkarnasi' dari blog saya sebelum ini <http://mushafnusantara.blogspot.com/> yang tidak bisa di-update lagi, namun hingga kini masih gentayangan di 'alam sana': terlihat tapi tak tersentuh ... Waktu itu password saya dibajak orang, sehingga blog tidak bisa dibuka dan diedit lagi. Setelah vakum dua tahun, 10 bulan lalu timbul kembali keinginan menerbitkan blog, dan saya pilih alamat yang mirip: <http://quran-nusantara.blogspot.com/>. Nah, sejak saya mengunggah artikel pertama kali tanggal 8 Februari 2012, blog gratisan ini telah diklik sebanyak 10.000 kali lebih. Tentu saja itu bukan angka besar, dan hanyalah hitungan berdasarkan angka otomatis di blog ini dengan segala kekurangannya: klik yang benar-benar hanya klik! Sebab, tidak ada beda antara klik yang tidak sengaja dengan klik yang sengaja, dan tidak ada beda antara klik karena “tersesat” dan klik karena memang mencari. Biarlah itu apa adanya. Tapi, angka 10.000, angka dengan lima digit, bolehlah dibuat sekadar catatan, untuk sekadar sebagai peringatan – apa pun maknanya.
Blog ini bernama “Khazanah Mushaf al-Qur’an Nusantara” dengan tujuan, seperti tercantum di bawah nama blog: “… ingin membagi informasi dan pengalaman untuk ikut memajukan kajian seni dan sejarah mushaf al-Qur'an di Asia Tenggara.” Sudah banyak penjelasan mengenai sejarah kodifikasi Qur'an di zaman para khalifah awal. Tapi bagaimana Qur'an itu sampai dan tersebar di kawasan terjauh dunia Islam ini, dan bagaimana Qur'an ditulis oleh para leluhur kita pada masa lampau, tampaknya masih belum begitu banyak diketahui orang. Tujuan blog ini mungkin agak ‘berlebihan’, tapi sesungguhnya sederhana saja, sekadar mau berbagi: toh sesungguhnya menulis di blog itu tidak jelas – seperti halnya berbicara dengan kegelapan…
Pengunjung blog memang gelap, karena tak terbatas, dan 'entah'. Namun, kadang-kadang membuat kejutan juga. Beberapa bulan yang lalu, ketika ketemu dengan dua orang asing peminat naskah, saya bilang bahwa saya bikin blog. Di luar dugaan, dia bilang, “Oh ya, saya sudah pernah lihat.” Tanggapan juga ada yang datang melalui email. Pengunjung blog memang datang dari segala pojok dunia. Dan rupanya, hampir separuh dari keseluruhan klik berasal dari negara di luar Indonesia. 
Selama 10 bulan itu, jika dibuat rata-rata, berarti setiap bulan diklik sekitar 1000 kali. Angka yang kecil, sebab berarti sehari hanya sekitar 33 klik. Tetapi pada beberapa bulan terakhir agak meningkat, sering mencapai sekitar 100 klik per hari. Asal negara pengunjung yang terdeteksi melalui fasilitas blog adalah seperti di bawah ini. Tentu ini bukan berarti 'jumlah pengunjung' dalam arti sebenarnya, tetapi lebih tepatnya jumlah klik, karena seorang pengunjung tentu saja bisa mengklik berkali-kali. 

Entri
Penayangan
Indonesia
5788
Amerika Serikat
1286
Britania Raya
706
Rusia
551
Malaysia
445
Jerman
251
Thailand
56
Uni Emirat Arab
52
Belanda
49
Singapura
43

Ya, semua foto yang dimuat di blog ini dijepret oleh saya sendiri, kecuali bila saya sebut sumbernya. Pengalaman melawat ke sejumlah kota di 23 provinsi di Indonesia (10 provinsi lagi belum saya kunjungi), beberapa kali ke Malaysia dengan kunjungan ke tujuh kota, juga ke Singapura, Bandar Seri Begawan, Adelaide, dan Istanbul menghasilkan banyak foto yang agak sayang kalau hanya menjadi dokumentasi pribadi. Dalam hal ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadikan perjalanan dan dokumentasi itu hingga dapat terwujud. Tentu itu wajib saya ucapkan, sebab dari beberapa kali perjalanan ke luar negeri semuanya atas dukungan finansial dari sponsor. Adapun perjalanan di dalam negeri sebagian karena tugas kantor. Karena berbagai kemudahan itulah saya merasa perlu membagikannya kepada orang banyak.
Sebenarnya belum banyak yang sudah saya poskan di blog ini. Sampai saat ini baru 90 pos/artikel. Sebagian dengan teks singkat saja, bahkan mungkin hanya berupa foto. Memang, saya mengutamakan foto, karena saya percaya “foto bisa bicara lebih banyak daripada seribu kata-kata”. Dan itu untuk memancing penelitian lebih lanjut. Meskipun demikian, artikel lengkap yang agak panjang juga cukup sering diklik, seperti penyalinan Qur’an di Aceh, Lombok, dan Ternate. Salah satu artikel yang dalam waktu singkat mendapatkan perhatian cukup banyak adalah posting "Para penulis mushaf al-Qur'an di Indonesia: penelusuran awal". Dalam setengah bulan penayangan, diklik sebanyak 175 kali. Artikel lainnya yang juga mendapat perhatian adalah "Penyalinan Qur'an di Aceh", "Qur'an Tanoh Abee", "Qur'an-Qur'an Istana", dll. Aceh, secara khusus memperoleh perhatian besar dari banyak pengunjung blog. Tiga artikel terkait Aceh terus diakses, barangkali karena Aceh memang banyak 'sensasi'-nya: merupakan serambi masuknya Islam di Nusantara, kisah heroisme yang panjang, dan yang terdekat, karena Aceh terkena tsunami. Sejak itu memang perhatian dunia (juga kita) terus tertuju ke Aceh...
Dari 90 pos/artikel yang sudah di-upload, 10 penayangan teratas adalah sebagai berikut:

No
Entri
Tgl. Unggah
Penayangan
1
8 Feb 2012
276
2
14 Nov 2012
175
3
22 Jun 2012
171
4
14 Sep 2012
167
5
12 Apr 2012
162
6
27 Sep 2012
146
7
20 Juni 2012
142
8
12 Okt 2012
138
9
18 Apr 2012
124
10
25 Jul 2012
115

Ini sekadar catatan singkat dari sebuah niat yang sederhana ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar